Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

RESEP CAKWE TANPA AMONIAK

 RESEP CAKWE TANPA AMONIAK

 Cara membuat cakwe tanpa amoniak. 
Resep-nayla ingin berbagi resep lagi nih.... Resep cakwe tanpa amoniak. Tapi sebelumnya, apa sih amoniak atau amonia itu ?

Amonia atau Amoniak adalah senyawa kimia dengan rumus NH3. Biasanya senyawa ini didapati berupa gas bau Amonia atau amoniak). Walaupun amonia memiliki sumbangan penting bagi keberadaan nutrisi di bumi, amonia sendiri adalah senyawa kaustik dan dapat merusak kesehatan. Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Pekerjaan Amerika Serikat memberikan batas 15 menit bagi kontak dengan amonia dalam gas berkonsentrasi 35 ppm volum, atau 8 jam untuk 25 ppm volum.[5] Kontak dengan gas amonia berkonsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan paru-paru dan bahkan kematian.[5] Sekalipun amonia di AS diatur sebagai gas tak mudah terbakar, amonia masih digolongkan sebagai bahan beracun jika terhirup, dan pengangkutan amonia berjumlah lebih besar dari 3.500 galon (13,248 L) harus disertai surat izin.[6]
dengan bau tajam yang khas (disebut

Amonia yang digunakan secara komersial dinamakan amonia anhidrat. Istilah ini menunjukkan tidak adanya air pada bahan tersebut. Karena amonia mendidih di suhu -33 °C, cairan amonia harus disimpan dalam tekanan tinggi atau temperatur amat rendah. Walaupun begitu, kalor penguapannya amat tinggi sehingga dapat ditangani dengan tabung reaksi biasa di dalam sungkup asap. "Amonia atau amoniak rumah" atau amonium hidroksida adalah larutan NH3 dalam air. Konsentrasi larutan tersebut diukur dalam satuan baumé. Produk larutan komersial amonia berkonsentrasi tinggi biasanya memiliki konsentrasi 26 derajat baumé (sekitar 30 persen berat amonia pada 15.5 °C).[7] Amonia yang berada di rumah biasanya memiliki konsentrasi 5 hingga 10 persen berat amonia.

Amonia atau amoniak umumnya bersifat basa (pKb=4.75), namun dapat juga bertindak sebagai asam yang amat lemah (pKa=9.25).

Bahan cakwe tanpa amoniak

Bahan:
400 gr tepung terigu
1/2 bungkus baking powder (kira² 8 gr)
5 gr baking soda
10 gr gula
7-8 gr garam
230-240 ml air hangat kuku
Minyak untuk menggoreng (gunakan minyak yg cukup banyak)

Cara membuat:

1. Campur air, baking soda dan gula. aduk rata.
2. Sementara itu campur tepung, garam dan baking powder. Tuang air ke dalam campuran tepung sedikit dem sedikit sambil di aduk rata. Uleni adonan hingga kalis dan lembut. Tutup dgn plastik.
3. Biarkan adonan ditempat hangat selama 30-60 menit. Uleni sebentar dan tutup dgn plastik.
4. Diamkan adonan selama 10 jam atau lebih. jangan lupa tutup dgn plastik.
5. Uleni adonan sebentar, bentuk memanjang. Biarkan selama 30 menit dan tutup dgn platik.
6. Panaskan wajan.
7. Sementara itu potong adonan setebal 1/2 cm. Susun adonan, tekan sedikit dgn sebatang lidi atau tusuk sate. Tarik adonan sedikit, kemudian goreng hingga kuning kecoklatan.
Saus kacang:
300 ml air hangat
4 sdm kacang goreng ( bisa kacang tanah atau mede)
3-4 sdm saus lumpia
1 sdm saus tomat
1 sdm saus cabai
1-2 sdm vinaigrette (cuka)
sedikit gram dan gula sebagai penyedap
Cara membuat
1. Haluskan atau blender kacang.
2. Campur semua bahan kecuali vinaigrette. Masak hingga mendidih.
3. Masukkan cuka, aduk rata. Cicipi, apakah rasa sudah sesuai selera.
RESEP NAYLA RESEP CAKWE TANPA AMONIAK By Resep Masakan Khas Nusantara Published: 2013-04-25T08:11:00-07:00 RESEP CAKWE TANPA AMONIAK 3 11 reviews
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Resep Cakwe dengan judul RESEP CAKWE TANPA AMONIAK. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://resepnengnayla.blogspot.com/2013/04/resep-cakwe-tanpa-amoniak.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: miftah huday - Thursday, April 25, 2013
.